Selasa, 23 Januari 2018

Tips Berwisata Murah Meriah

Siapa yang nggak suka jalan-jalan?

Semua pasti suka ya. Apalagi, zaman sekarang sudah banyak ulasan alias review tempat-tempat wisata menarik yang bisa di akses di media sosial, pastinya 'kekinian' dan instagrammable.

Akan tetapi, banyak orang yang masih beranggapan bahwa wisata justru ajang pemborosan. Terlalu banyak pengeluaran yang dibutuhkan, seperti biaya perjalanan, tiket masuk lokasi wisata, makan, dan sebagainya. Mereka ini pasti belum tahu bahwa ada loh tips untuk berwisata tanpa membuat kantung bolong.

Inilah beberapa tips berwisata murah meriah ala saya:
1. Planning atau perencanaan. 
Hindari berwisata tanpa perencanaan. Jika bisa merencanakan perjalanan beberapa waktu sebelumnya, kita bisa mencari promo tiket pesawat atau kereta misalnya. Ini jelas bisa menghemat pengeluaran utama. Selain itu, kita juga bisa menyiapkan rangkaian kegiatan yang akan kita lakukan, serta menghitung kisaran biaya yang akan dihabiskan untuk setiap kegiatan itu. Jika ada budget, maka perkiraan biaya bisa disesuaikan dengan anggaran tersebut.

2. Minta pendapat orang yang berpengalaman. 
Berpengalaman di sini dalam artian orang tersebut sudah pernah mengunjungi tempat wisata yang kita tuju. Biasanya mereka paham objek wisata mana saja yang memang perlu dikunjungi dan mana yang tidak direkomendasikan. Hal ini bisa menghemat waktu dan pengeluaran kita.

3. Hindari peak season
Berwisata memang asyiknya saat masa liburan. Akan tetapi, pada masa liburan ini biasanya harga yang diberlakukan di berbagai lokasi wisata adalah harga tertinggi. Jadi, usahakan cari waktu berwisata bukan di high season atau peak season. Selain budget bisa kita tekan, kita juga bisa menghindari kondisi terlalu ramai di lokasi wisata.

4. Hindari belanja atau makan di tourist spot
Umumnya penjual lokal akan mematok harga lebih tinggi dari harga di luar sana.

5. Bawa bekal makan atau minum sendiri. 
Jangan lupa bawa tikar atau alas duduk, sehingga tidak harus menyewa lagi di sana.

6. Tujuan wisata tidak harus yang jauh. 
Ajak keluarga ke lokasi pemancingan dekat rumah pun sudah masuk kategori berwisata.


Itu dia, sebagian dari tips untuk kita bisa berwisata murah meriah, tanpa harus merogoh 'kocek' dalam-dalam. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar